Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ustadz Abdul Somad Menjawab Pertanyaan: Bolehkah Suami Menyembunyikan Uang dari Istri?

 


lustrasi Ustadz Abdul Somad menjawab pertanyaan bolehkan suami menyembunyikan harta dari istrinya. /Pexels.com/Karolina Grabowska. PORTAL JEMBER - Ketika laki-laki dan perempuan menikah dan status hubungan keduanya telah berubah, maka ada banyak hal yang ikut berubah. 

Lalu, apakah saat sudah menikah harta suami dan istri ini menjadi satu atau tetap terpisah? Dan bolehkah seorang suami menyembunyikan hartanya dari istrinya? Dikutip PORTAL JEMBER dari unggahan YouTube Mimbar Dakwah Ustadz Abdul Somad mengatakan bahwa harta antara suami dengan istri itu dipisah atau memiliki perbedaan.        

Hal itu disampaikan Ustadz Abdul Somad berdasarkan pada firman Allah SWT, yakni potongan surat An-Nisa ayat 12: 
وَلَكُمْ نِصْفُ مَا تَرَكَ أَزْوَٰجُكُمْ إِن لَّمْ يَكُن لَّهُنَّ وَلَدٌ ۚ فَإِن كَانَ لَهُنَّ وَلَدٌ فَلَكُمُ ٱلرُّبُعُ مِمَّا تَرَكْنَ ۚ 
Artinya: "Dan bagimu (suami-suami) seperdua dari harta yang ditinggalkan oleh isteri-isterimu, jika mereka tidak mempunyai anak. 

Jika isteri-isterimu itu mempunyai anak, maka kamu mendapat seperempat dari harta yang ditinggalkannya sesudah dipenuhi wasiat yang mereka buat atau (dan) seduah dibayar hutangnya." 

"Harta bapak (suami) beda, harta ibu (istri) beda," kata Ustadz Abdul Somad dikutip PORTAL JEMBER dari unggahan YouTube Mimbar Dakwah pada 15 Maret 2020. Adapun perbedaan harta suami dan istri adalah di dalam harta suami terdapat hak istri, sedangkan dalam harta istri tidak ada hak suami. 

Dengan demikian istri boleh menggunakan harta suami, sedangkan suami tidak boleh menggunakan harta istri. Barulah jika istri meninggal, suami dapat memperoleh bagian dari harta istrinya yakni 50% jika tidak memiliki anak dan 25 persen jika memiliki anak. Namun, selama istri masih hidup, tidak memiliki hak apapun untuk menggunakan harta istrinya. "Kenapa dalam harta bapak (suami) ada hak ibu (istri)? Karena bapak (suami) wajib memberi nafkah," kata Ustadz Abdul Somad. Ia pun menjelaskan kewajiban-kewajiban suami yang menjadi hak istri. 

"Kewajiban bapak lima. Pertama kasih makan, kedua kasih pakaian, ketiga kasih tempat tinggal, keempat kasih pendidikan, kelima kasih perhatian. Lebih dari yang ini itu bukan milik mereka," kata dia. Dengan demikian istri berhak tahu harta yang dimiliki suami untuk dapat menggunakannya. Seorang istri tidak berdosa jika menggunakan harta suaminya untuk keperluan makan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan, dan hal-hal yang disenanginya atas izin suami.***


Posting Komentar untuk "Ustadz Abdul Somad Menjawab Pertanyaan: Bolehkah Suami Menyembunyikan Uang dari Istri?"