Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantes kapal Tansuo-2 siap angkat KRI Nanggala 402


 

Kapal Tansuo-2 siap angkat KRI Nanggala. Foto Xinhua.net
Tiga kapal Angkatan laut China akan mengangkat bodi KRI Nanggala 402 dari dasar laut di Laut Bali. Dua kapal China yang sudah sampai di perairan Bali yaitu Ocean Salvage and Rescue Yongxingdao-863, Ocean Tug Nantuo-185. Kapal ketiga yaitu Scientific Salvage Tansuo-2 sedang dalam perjalanan alias on the way (OTW) ke perairan Bali.

Sebelumnya ketiga kapal Angkatan Laut China itu diberitakan mampu menjalankan misi pada kedalaman 4500 meter lho. Kapal ketiga yang didatangkan tersebut punya profil kelas tinggi lho. Kapal Tansuo-2 dikenal punya sejumlah perlatan spesialis laut dalam. Malahan kapal Tansuo-2 ini terakhir sukses menjalankan misi pada kedalaman 10 ribu meter lho. Menarik bukan yuk hajar.


Tansuo-2, kapal induk kapal selam 




kapal Tansuo-2 ini merupakan kapal untuk riset kelautan sesuai namanya ya kapal scientific. Selain itu Tansuo-2 ternyata kapal induk lho. Jadi jangan heran, dikutip dari Xinhua, kapal Tansuo-2 ini punya kapal selam berawak Shenhai Yongshi (Deep Sea Warrior) yang bisa menyelam sampai kedalaman 4500 meter. Menurut keterangan Institute of Deep-sea Science and Engineering of the Chinese Academy of Sciences, kapal Tansuo-2 baru selesai menjalankan misi di Challenger Deep Palung Mariana, kedalaman terdalam di laut dunia lho bersama kapal induk Tansuo-1.

Nah selain punya kapal selam berawak Deep Sea Warrior, kapal Tansuo-2 ini juga merupakan kapal induk dari kapal selam berawak laut dalam Fendouzhe (Striver). Tak dipaparkan berapa kemampuan menyelam kapal selam berawak ini.

Tapi dalam misi terakhir di Palung Mariana pada November tahun lalu, kapal selam berawak Striver ini bisa menyelam sampai kedalaman 10.909 meter alias 10 kilometer. Wow! rekor China tuh. Dalam misi tersebut, kapal selam berawak Striver ini digendong oleh kapal induk Tansuo-1.

Rekam video real time 4K 

Oke Sobet Hopers, selain kapal selam berawak, kapal Tansuo-2 punya pendarat laut dalam namanya Canghai. Pendarat ini punya kemampuan merekam situasi laut dalam. Malahan tuh, pendarat Canghai ini sudah bisa mengirimkan video live pertama kali dengan siaran langsung real time 4K lho di kedalaman 10 ribu meter.

Nah sedangkan kapal selam berawak Deep Sea Warrior ini telah sukses menjalankan 32 penyelaman laut dalam selama misi Challenger Deep selama 57 hari. Pencapaian itu memecahkan rekor baru penyelaman 12 kali berturut-turut dalam delapan hari ekspedisi. Selam penyelaman itu, kapal selam berawak Deep Sea Warrior ini rata-rata menyelam dalam 8 jam dan 27 menit.

Jangan anggap enteng juga kapal selam Deep Sea Warrior telah mengumpulkan sejumlah besar video, organisme, mikro organisme, sedimen dan sampel batuan. Pengumpulan data ini sangat berharga untuk memahami struktur geologis bawah laut daerah yang dijalani ekspedisi lho.

Posting Komentar untuk "Pantes kapal Tansuo-2 siap angkat KRI Nanggala 402"