Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantas Saja 18 Juta Lebih Warga Nekat Mudik di Tahun 2021, Ternyata Ini Sebabnya




Pantas Saja 18 Juta Lebih Warga Nekat Mudik di Tahun 2021, Ternyata Ini Sebabnya./ /ANTARA FOTO/Dedhez Anggara 

Ada 18 juta lebih warga Indonesia yang nekat mudik tahun 2021 meski dilarang. Tentu ada beberapa hal yang menyebabkan 18 juta warga tetap nekad mudik di tahun 2021 ini, salah satunya karena jenuh dengan rutinitas pandemi Covid-19.

Beberapa sebab lain juga menjadi sebab mudiknya mereka, jadi pantas saja meski dilarang mereka nekat mudik di tahun 2021 ini. Dilansir mantrasukabumi.com dari akun twitter @NarasiNewsroom pada Rabu, 5 Mei 2021, dijelaskan beberapa penyebab warga nekat mudik tahun 2021.

"Bukan warga +62 namanya jika tidak nekad namaya kalau enggak nekat. Contohnya ya ini, mudik," cuit akun Narasi.
"Meskipun sudah dilarang dan diperketat oleh pemerintah biar enggak mudik Lebaran 2021," tambahnya.

"Nyatanya ada 18 juta lebih warga yang nekat mudik ke kampung halamannya. Kira-kira apa sebabnya, ya?," tulisnya. Narasi Newsroom mengungkapkan hasil survey Balitbang Kementerian Perhubungan pada tanggal 15 sampai dengan 17 april 2021 yang menunjukan beberapa alasan. Terdapat 44,7 persen warga Indonesia tetap nekat mudik karena keluarga menetap di kampung. 10 persen lainnya ingin mengunjungi orang tua dan saudara.

Namun 10 persen lainnya justru beralasan karena sudah merasa jenuh dengan rutinitas pandemi Covid-19. Dengan demikian sebanyan 7% atau 18,9 juta warga masyarakat tetap nekat mudik lebaran tahun 2021.

Meski ada larangan mudik dari Presiden dan sosialisasi terus dilakukan oleh satgas dan kepala daerah. Adapun kendaraan yang menjadi pilihan saat mudik lebaran tahun 2021 paling terbanyak adalah dengan menggunakan mobil pribadi dengan jumlah 34,5 %.

Kemudian disusul kerdaraan pilihan kedua yakni sepeda motor dengan jumlah 18,8 %. Selain dua pilihan kendaraan diatas, bus, pesawat, kereta dan travel juga menjadi pilihan sebahagian kecil pemudik. Jawa Tengah harus waspada, karena menjadi tujuan sebahagian besar pemudik di tahun ini.

Pada hasil survey didapatkan 38,5 % pemudik dengan tujuan daerah di Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya ada Jawa Barat dan Jawa Timur. Ketiga Provinsi ini harus lebih waspada dalam menghadapi gelombang kedatangan pemudik tahun 2021.***

Posting Komentar untuk "Pantas Saja 18 Juta Lebih Warga Nekat Mudik di Tahun 2021, Ternyata Ini Sebabnya"