Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Nafkah dengan Kumpulkan Daun Cengkeh, Nek Halimah Hanya Bisa Buka Puasa dengan Air di Termos


 

Daun cengkeh yang ia kumpulkan hanya dihargai 1000 rupiah perkilonya. Ketika seseorang sudah memasuki usia senja, harapannya sudah tak muluk-muluk lagi.

Yang ia mau hanyalah bisa menikmati waktunya bersama keluarga tercinta. Namun, kenyataannya masih ada lansia yang haru melewati masa tua dengan susah payah agar bisa mencari nafkah.

Seperti kisah nenek Halimah berikut ini. Dilansir dari laman Donasionline.id, ia adalah seorang pencari daun cengkeh dengan upah yang tak seberapa. Namanya, adalah nenek Halimah yang kini berusia 83 tahun.

Suaminya telah tiada sejak setahun yang lalu. Anak-anaknya pun sudah meninggal sejak lama. Kini, ia hidup sebatang kara di sebuah gubuk di daerah Kecamatan Moga Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Sebenarnya, lelah yang ia rasakan semalam masih ada sisa. Namun, nenek Halimah sudah harus bekerja lagi mengumpulkan daun cengekh. Dengan sabar dan teliti, ia menyusuri pohon cengkeh yang ada di kebun milik tetangganya. Daun cengkeh inilah yang nantinya akan ia jual ke pengepul.

Namun, upahnya tak seberapa. Satu kilo daun cengkeh yang ia kumpulkan hanya dihargai seribu rupiah saja. Untuk mendapatkan 6 karung yang nantinya dihargai 40 ribu rupiah, nenek Halimah harus mengumpukannya selama satu bulan.

Dengan usianya yang sudah semakin tua, nenek Halimah sering merasakan sakit di kakinya. Kalau kakinya sedang sakit, ia tak bisa lagi berjalan dan hanya bisa beristirhat saja.

Pilunya, ia hanya mempunyai 1 liter beras di sisa hari bulan Ramadan ini. Bahkan, saat ditanya mau berbuka apa, nenek Halimah hanya bisa menjawab dengan mata yang bekaca-kaca.

" hanya punya air di termos" ucapnya. Dengan semua jerih payah yang ia lakukan dan beban hidup yang ia pikul sendiri, nenek Halimah tentunya sangatlah membutuhkan bantuan kita. Apalagi, ia kini hidup sebatang kara tanpa ada anak dan suami. Oleh karenanya, jika teman-teman ingin berdonasi, bisa melalui link berikut ini ya!

Posting Komentar untuk "Cari Nafkah dengan Kumpulkan Daun Cengkeh, Nek Halimah Hanya Bisa Buka Puasa dengan Air di Termos"