Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kebiasaan Ibu yang Menurunkan IQ Anak, Salah Satunya Suka Memukul




kebiasaan ibu yang menurunkan IQ anak /unsplash/Omar Lopez

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya cerdas dan berprestasi di sekolah maupun masa depan. Namun, ada kebiasaan-kebiasaan ibu yang justru menurunkan IQ anak. Kebiasaan ini seringkali dilakukan ibu tanpa sadar.

Jika anda seorang ibu, maka penting untuk mengetahui kebiasaan apa saja yang bisa menurunkan IQ anak. Dilansir Ringtimesbanyuwangi.com dari laman Babygaga.com, Kamis 13 Mei 2021, berikut beberapa kebiasaan ibu yang menurunkan IQ anak.




1. Terlalu sibuk

Salah satu kebiasaan ibu yang bisa menurunkan IQ anak adalah terlalu sibuk sehingga kurang perhatian. Psikiater anak, Scott Carroll mengatakan bahwa keterikatan anak dan ibu sangatlah penting. Jika ikatan tersebut kurang, maka bisa memengaruhi jaringan otak anak.

Halaman:

Sumber: babygaga.com

Anak menjadi kurang percaya diri, rasa hormat, dan kurangnya kasih sayang dapat memengaruhi prestasi ia di sekolah.

2. Asal-asalan memilih pelengkapan bayi

Seorang ibu harus berhati-hati dalam memilih perlengkapan untuk anak, terutama perlengkapan makan dan mainan plastik. Saat ini bahan kimia beracun, seperti BPA banyak ditemukan di produk plastik. BPA dapat berdampak langsung pada perkembangan otak bayi.

3. Masa menyusui pendek

Para peneliti mengungkapkan keterikatan antara menyusui dengan perkembangan otak bayi.
Peneliti Rumah Sakit Anak Boston menemukan bahwa anak-anak yang mendapat ASI sepanjang tahun pertama mendapat nilai sekitar empat poin lebih tinggi pada tes kecerdasan dibandingkan anak-anak lain.

4. Memukul anak

Salah satu kebiasaan ibu yang bisa menurunkan IQ anak adalah suka memukul.Para peneliti dari University of New Hampshire melakukan penelitian terhadap 1.500 anak-aak berusia 2-9 tahun. Hasilnya, sekitar ¾ anak-anak tersebut sering dipukuli. Kemudian, IQ mereka diukur pada awal penelitian dan empat tahun kemudian. Hasilnya, anak yang sering dipukuli memiliki skor IQ lebih rendah daripada anak-anak lainnya. Para peneliti percaya bahwa memukul pantat dapat menyebabkan anak stres, mempengaruhi kemampuan belajarnya, dan sulit fokus saat di dalam kelas.

5. Membiarkan anak berlama-lama menonton TV dan bermain handphone

Seorang ibu harus memberi batasan waktu, kapan anak menonton TV, bermain handphone, dan membaca buku. Anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar memiliki IQ lebih rendah dibandingkan anak yang suka membaca buku. Sebagi ibu, anda bisa mengajak anak untuk membaca bersama. Tidak ada yang lebih bagus dari buku untuk perkembangan otak anak.

Itulah lima kebiasaan ibu yang bisa menurunkan IQ anak. Jika anda seorang ibu, maka hilangkan kebiasaan buruk tersebut.***

Posting Komentar untuk "5 Kebiasaan Ibu yang Menurunkan IQ Anak, Salah Satunya Suka Memukul"